Dasar Ekonomi #SustainableSanta

IMG_7855
Photo by Ve Handojo

Ketika tingkat demand/permintaan terus meningkat dan tidak diiringi dengan peningkatan supply/penyediaan, hukum ekonomi mengatakan bahwa harga dengan sendirinya akan melambung.

Jadi, kalau mengikuti teori ini berarti perjuangan kami untuk #SustainableSanta tidaklah berdasar.

SALAH.

Pasar #SantaKini diawali oleh sekumpulan anak muda yang masuk dengan mengusung ide ekonomi kerakayatan.

(Ide ekonomi kerakyatan ini bukan ide baru. Bahkan sistem ekonomi kerakyatan ini terkandung dalam UUD 45 pasal 33, 27, dan 34)

Apa sih Ekonomi Kerakyatan itu?

Definisi sederhana dari ekonomi kerakyatan adalah sebuah sistem perekonomian yang disusun sebagai usaha bersama berdasarkan kekeluargaan.

Ini tentunya bertolak belakang dengan sistem ekonomi Neoliberalis yang mengusung kebebasan bersaing bebas sempurna di pasar dan menjunjung kepemilikan individu.

Inilah mengapa setiap kegiatan kami selalu merupakan hasil rundingan bersama. Inilah mengapa setiap kegiatan promosi kios atau usaha selalu didiskusikan dengan teman-teman pasar lainnya. Inilah mengapa kami selalu membeli bahan baku jualan kami dari sesama pedagang.

Inilah kenapa kami seringkali menolak undangan kerjasama dengan korporasi. Bukan karena kami anti korporasi, tapi karena seringkali ajakan kerjasama korporasi ini tidak memberikan keuntungan kepada SEMUA anggota pasar.

Mau memberikan kipas angin? Terima kasih.

Mau pasang kipas anginnya hanya di lantai atas saja?

Maaf, tidak usah. Terima kasih.

Mau membuat acara di pasar santa? Boleh.

Acaranya harus di atas? Kenapa?

Lantai dasar dan basement juga bagian dari Pasar Santa.

Kami hadir dan tumbuh secara organik. Kami mengorganisir diri sendiri pun secara organik dan disatukan hanya oleh idealisme yang sama.

Kami percaya ekonomi kerakyatan dapat menciptakan pasar yang lebih berkesinambungan. Kami percaya membangun pasar dengan perspektif yang lebih holistik dan melepaskan mekanisme “untung cepat”, akan bisa menciptakan pasar yang lebih menguntungkan secara jangka panjang.

Berdiri di atas ide ekonomi kerakyatan ini pulalah, kami merasa memiliki hak untuk meminta perlindungan pemerintah.

Jujur, kami mungkin naïf untuk berpikir bahwa ide ekonomi kerakyatan ini dapat terwujud dengan lancar-lancar saja. Kami mungkin naïf untuk berpikir bahwa kami dapat kuat menahan deras arusnya mereka yang ingin menerapkan hukum pasar murni di pasar kami ini.

Tapi salahkah kami untuk tetap berusaha mewujudkan mimpi kami untuk #SustainableSanta?

Dukung #SustainableSanta melalui: http://chn.ge/1Bi1Hh5

Iklan
Dasar Ekonomi #SustainableSanta

3 pemikiran pada “Dasar Ekonomi #SustainableSanta

  1. Setuju! Pasar Santa sebagai pasar yang dikelola Pemda DKI melalui PD Pasar Jaya wajib menjadi fasilitas publik yang mampu melayani seluruh lapisan masyarakat pada proporsinya di daerah layanan pasar tersebut.

    Ekonomi kerakyatan memang yang paling tepat. Modelnya untuk ekonomi pasar rakyat bisa mengimplementasikan sistem Koperasi Primer, misalnya berbentuk Koperasi Pasar atau Koperasi Produsen dimana mekanisme kontrolnya berfokus di harga sewa tempat, harga barang yang dijual, segmen pasar yang dilayani dan variasi produk di pasar tersebut.

    Kontrol harus ada dari 2 sisi komunitas, komunitas pedagang pasar, dan komunitas konsumen pasar.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s